Sabtu, 24 Mei 2014

Contoh Analisis Novel " Ayahku bukan pembohong" karya Tere Liye


BAB 1
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Sastra adalah suatu kegiatan kreatif, sebuah karya seni ( Wellek & Warren, 1995:3 ). Dikatakan sebuah karya seni karena memiliki suatu nilai keindahan dalam karya tersebut. Meskipun demikian, karya seni juga memiliki cakupan yang cukup luas.
Satu diantara karya sastra adalah novel. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, novel adalah tulisan berupa karangan prosa yang panjang dan menceritakan sebuah kisah. Novel merupakan teks fiksi yang lahir dari daya cipta, imajinatif, kreatif, dan eksploratif pengarang untuk menyampaikan segala kehendak atau segala yang menggejala dalam kesadaran batin pengarang. Penyampaian tersebut dinyatakan lewat unsur-unsur fiksional yang berlaku atau telah menjadi konvensi dalam penulisan prosa, sehingga terwujud dalam bentuk artefak sastra yang memuat unsur kreatif. 
Novel adalah jenis prosa yang mengandung unsur tokoh, alur, latar, rekaan yang menggelarkan kehidupan manusia atas dasar sudut pandang pengarang dan mengandung nilai hidup, diolah dengan teknik kisahan dan ragaan yang menjadi dasar konvensi penulisan. Pendapat lain juga menjelaskan novel merupakan fiksi naratif modern yang berkembang pada abad pertengahan ke-18. Novel berbentuk prosa yang lebih panjang dan kompleks daripada cerpen, yang mengekspresikan sesuatu tentang kualitas atau nilai pengalaman manusia. Memahami novel mampu membawa pembaca untuk lebih berpengalaman dan lebih berpengetahuan dibidang sastra. Melalui pendekatan analitis, elemen yang dibahas adalah menganalisis unsur intrinsik yang terdapat dalam sebuah novel, dimulai dari tema, tokoh, latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat.
Novel sering dianggap bersinonim dengan fiksi karena definisi fiksi juga berlaku untuk novel. Novel merupakan sebuah karya prosa fiksi yang panjangnya cukupan, tidak terlalu panjang namun juga tidak terlalu pendek. Novel dan cerpen sebagai karya fiksi mempunyai persamaan karena dibanguun oleh unsure- unsur pembangun. Oleh karena itu, novel dapat dianalisis sebagaimana layaknya menganalisis cerpen. Novel dapat mengemukakan sesuatu secara bebas, menyajikan sesuatu secara lebih banyak, lebih rinci, lebih detail, dan lebih banyak melibatkan berbagai permasalahan yang lebih kompleks. Hal tersebut mencakup berbagai unsure cerita yang membangun novel itu. Kelebihan novel adalah kemampuannya menyampaikan permasalahan yang kompleks secara penuh, mengkreasikan sebuah dunia yang “jadi”. Membaca sebuah novel untuk sebagian orang merupakan hanya ingin menikmati cerita yang disugukan. 
Pentingnya menganalisis novel pertama dapat dilihat dari tema, melalui tema pembaca dapat mengetahui pokok permasalahan karya fiksi yang diangkat. Selanjutnya tokoh, peranan tokoh dalam karya fiksi sangat membantu pembaca menemukan karakter dari masing-masing tokoh, apakah berisifat protagonis maupun antagonis. Masalah selanjutnya yaitu alur atau pengaluran, yang menjelaskan satuan peristiwa dari permasalahan fiksi yang diangkat. Unsur lain yaitu latar, latar dalam hal ini dibedakan menjadi latar tempat, waktu, dan suasana. Selain masalah unsur di atas masalah lain seperti gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat sangat diperlukan untuk menjadikan sturktur fiksi yang menarik.
Usaha untuk dapat memahami karya sastra (termasuk prosa fiksi) diperlukan suatu pendekatan. Salah satu pendekatan dalam menganalisis prosa fiksi adalah pendekatan struktural. Novel yang akan dianalisis dalam makalah ini yaitu novel “Ayahku (bukan) Pembohong” karya Tere-Liye. Novel ini merupakan sebuah novel yang menceritakan tentang seorang anak yang dibesarkan dengan dongeng-dongeng kesederhanaan hidup oleh ayahnya.

2. Rumusan Masalah
a.Apakah tema dari  novel Ayahku (bukan) Pembohong” Karya Tere-Liye.
b.Siapa sajakah tokoh dan wataknya dari novel Seperti apakah alur dari novel Ayahku (bukan) Pembohong” Karya Tere-Liye.
c.Seperti apakah latar dari novel Ayahku (bukan) Pembohong” Karya Tere-Liye.
d.Apakah sudut pandang yang digunakan pengarang dalam novel Ayahku (bukan) Pembohong” Karya Tere-Liye.
e.Apakah amanat dari novel novel Ayahku (bukan) Pembohong” Karya Tere-Liye.

3. Tujuan
a.Untuk mengetahui tokoh dari novel Ayahku (bukan) Pembohong” Karya Tere-Liye.
b. Untuk mengetahui alur dari novel Ayahku (bukan) Pembohong” Karya Tere-Liye.
c. Untuk mengetahui latar dari novel Ayahku (bukan) Pembohong” Karya Tere-Liye.
d. Untuk mengetahui sudut pandang yang digunakan pengarang dalam novel Ayahku (bukan) Pembohong” Karya Tere-Liye.
e. Untuk mengetahui amanat dari novel Ayahku (bukan) Pembohong” Karya Tere-Liye.





BAB 2
PEMBAHASAN
1. IDENTITAS NOVEL
Judul Novel          : Ayahku (bukan) Pembohong
Karya                   : Tere-Liye
Halaman               : 299 halaman
Tahun Terbit         : Juni 2011
Penerbit                : PT Gramedia, Jakarta


2. SINOPSIS
Dam adalah salah satu anak yang dibesarkan oleh cerita dongeng dan dengan mudah nya ia pun percaya dengan segala dongeng yang diceritakan Sang Ayah.
Sang Ayah menceritakan mulai dari tentang kedekatan nya dengan pemain sepakbola dengan nomor punggung sepuluh “El Capitano! El Prince”, surat menyurat dengan pemain bola tersebut, mendapat apel emas dari lembah bukhara, berteman baik dengan Si Raja Tidur.
Tetapi, suatu hari saat Dam bersekolah di Akademi Gajah, ia menemukan buku dongeng “Lembah Bukhara” di perpustakaan sekolah. Dam teringat pada cerita Sang Ayah. Akhirnya ia menyadari bahwa ia tertipu oleh Sang Ayah atas cerita yang diberikan. Dari sejak saat itu, Dam tidak mau mempercayai lagi cerita yang Sang Ayah berikan. Cukup baginya tertipu terus menerus. Akhirnya sejak itu, hubungan Dam dan Sang Yah mulai renggang.
Setelah bertahun-tahun kemudian, akhirnya Dam menikah dan dikaruniai dua anak laki-laki yang bernama Zas dan Qon. Dam berusaha menjauhkan anak-anaknya dari Sang Ayah agar tidak mendengarkan cerita bohong nya itu. Tetapi semua itu sulit, Sang Ayah memang pandai bercerita.
Sekarang Sang Ayah sudah tua, sudah memiliki dua cucu, tetapi Dam masih kesal dengan cerita-cerita bohong itu. Sang Ayah sudah tinggal bersama Dam selama 6 bulan, tetapi Dam masih tidak peduli dengan Sang Ayah. Hingga suatu hari Sang Ayah jatuh sakit. Dam mulai menyadari bahwa Sang Ayah membutuhkan nya. Dam pun menyesal selama ini sudah tidak peduli terhadap Sang Ayah.
Beberapa hari kemudian sejak jatuh sakit, akhirnya Sang Ayah meninggalkan Dam lebih cepat. Keesokan harinya, Sang Ayah pun dimakankan. Antrean pelayat mengulur panjang. Tak disangka Sang Pemain bola nomor sepuluh datang ke pemakaman Sang Ayah. Bukan hanya pemain no sepuluh saja yang datang, tetapi semua tokoh yang Sang Ayah ceritakan benar-benar datang. Bahkan Sang Kapten mengatakan bahwa ia sangat dekat dengan Sang Ayah, ia menyesal tidak pernah menemui Sang Ayah lagi setelah beberapa waktu. Saat itu akhirnya Dam mendapat kebenaran, bahwa Sang Ayah bukan pembohong.

3. UNSUR INTRINSTIK

a. Tokoh dan Penokohan
Tokoh cerita (character), menurut Abrams (1981: 20) adalah orang- orang yang ditampilkan dalam suatu karya sastra naratif, atau drama, yang oleh pembaca ditafsirkan memiliki kualitas moral dan kecenderungan tertentu seperti yang diucapkan daan diekspresikan dalam ucapan dan apa yang dilakukan dalam tindakan. Istilah penokohan lebih luas dari tokoh dan perwatakan.  
Dalam memahami tokoh dan perwatakannya, maka dapat diketahui secara analaitik, langsung memaparkan tentang watak atau karakter tokoh tersebut, seperti keras hati, keras kepala, penyayang, dan lain-lain. Selanjutnya secara dramatis, menggambar perwatakan tanpa diceritakan langsung, dapat diketahui lewat: 1) pilihan nama tokoh, (2) penggambaran fisik atau postur tubuh dan (3) melalui dialog (semi, 1998:39-40). Sementara Muhardi dan Hasanuddin (1992:24) berpendapat bahwa” Dalam hal penokohan termasuk masalah penamaan, pemeranan, keadaan fisik, keadaan psikis, dan karakter”.
Pendapat yang tidak jauh berbeda ditegaskan lebih lanjut oleh Lubis (1996:97-98) “Pada umumnya jika kita membaca cerita-cerita pendek atau roman, timbullah dalam pikiran kita bayangan dari rupa, wajah, bentuk dan sifat-sifat (watak pribadi) pelaku-pelaku dalam ceriat-cerita itu. Sifat-sifat pelaku-pelaku itu ada dua macam: a) sifat-sifat lahir (rupa, bentuk), dan b) sifat-sifat dalam (watak, pribadi)”.
Tokoh- tokoh dalam cerita fiksi dapat dibedakan kedalam beberapa jenis penamaan berdasarkan dari jenis dan penggolongan penamaan tersebut dilakukan. Berdasarkan perbedaan susut pandang dan tinjauan, seseorang tokoh dapat saja dikategorikan kedalam beberapa jenis penamaan sekaligus, misalnya sebagai tokoh utama, protagonist, berkembang dan tipikal. Penggolongan tokoh tersebut ada yang tokoh utama dan tambahan, protagonist dan antagonis, tokoh sederhana dan tokoh bulat, tokoh statis dan tokoh berkembang, dan juga tokoh tipikal dan tokoh netral.

b. Latar
Muhardi dan Hasanuddin (1992:39) mengatakan bahwa “Latar merupakan penanda identitas permasalahan fiksi yang mulai secara samar diperlihatkan alur atau penokohan. Jika permasalahan fiksi sudah diketahui melalui alur atau penokohan, maka latar memperjelas suasana, tempat, dan waktu peristiwa itu berlaku”. Pendapat lain dari para ahli menamakan latar sebagai landasan tumpu. Latar atau landas tumpu (setting) cerita merupakan lingkungan tempat atau ruang yang diamati, waktu, hari, tahun, musim atau periode sejarah (semi,1998:46). Pendapat ini tidak jauh berbeda dari kesimpulan unsur latar yang dikemukakan oleh Nurgiyantoro. Disini ditegaskan unsur latar tempat merujuk pada lokasi terjadinya suatu peristiwa dalam karya fiksi. Latar waktu berkaitan dengan masalah “kapan” terjadinya suatu peristiwa dalam karya fiksi.Sedangkan latar suasana hampir tidak jauh berbeda dengan latar sosial yang menekankan pada hal yang berkaitan terhadap tingkah laku kehidupan sosisal masyarakat disuatu tempat. Sehingga pendapat Muhardi dan Hasanuddin (1992:31) “…maka jelaslah kedukdukan latar disamping penokohan dan alur dalam membangun permasalahan fiksi”.
Latar atau setting yang disebut juga sebagai landas tumpu, menyaran pada pengertian tempat, hubungan waktu dan lingkungan social terjadinya peristiwa- peristiwa yang diceritakan. Latar sebuah karya fiksi kadang- kadang menawarkan berbagai kemungkinan yang justru dapat lebih menjangkau diluar makna cerita itu sendiri. Berbagai elemen latar yang ditampilkan dengan sikap- sikap kekhasannya menawarkan kemungkinan- kemungkinan lain. Latar sebuah karya sastra fiksi ada latar netral dan ada latar tipikal. 
Latar netral merupakan latar yang diceritakan atau digambarkan secara umum. Dalam latar netral ini tidak memiliki dan tidak mendeskripsikan sifat khas tertentu yang menonjol dalam latar bahkan tidak jarang penulis tidak menuliskan tempat kejadian, waktu dan bahkan suasana yang terjadi dalam suatu cerita. Berbanding terbalik dengan latar tipikal yang memiliki dan menonjolkan sifat khas latar tersebut baik yang menyangkut unsure tempat, waktu bahkan suasana. Latar ada 3 yaitu latar tempat, waktu dan latar social.
c. Tema
Semi (1998:42) menyinggung sedikit tentang tema, “… sedangkan tema merupakan tulisan atau karya fiksi”. Menurut Robert Stanton, 1965 (Dalam semi 1998:42), menyebutkan “Theme” as that meaning of a story which specially accounts of the largest number of  its elements in the simplest way”. Sehingga yang dapat dijadikan sebuah tema yaitu sebuah topik atau pokok pembicaraaan dan tujuan yang akan dicapai oleh pengarang dngan topiknya tadi (semi, 1998:42). Lebih ringkasnya Muhardi dan Hasanuddin (1992:38) mengungkapkan bahwa “Tema adalah inti persoalan yang hendak dikemukakan pengarang dalam karyanya. Oleh sebab itu, tema merupakan hasil konklusi dari berbagai peristiwa yang terkait dengan penokohan dan latar.
Mempertanyakan makna sebuah cerita sebenarnya secara tidak langsung sudah mempertanyakan sebuah tema dalam cerita. Masalah hidup dan kehidupan yang dihadapi dan digambarkan secara luas dan kompleks berarti sebuah tema menggambarkan atau mengangkat sebuah masalah kehidupan. Sebuah tema dapat digolongkan pula dalam berbagai sudut pandang yaitu ada tema tradisional dan nontradisional, tingkatan tema menurut Shipley ( tema tingkat fisik, tema tingkat organic, tema tingkat social, tema tingkat egoik, dan tema tingkat divine), dan juga tema utama dan tema tambahan.
d. Amanat
Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang terhadap pembaca melalui karyanya, yang akan disimpan rapi dan disembunyikan pengarang dalam keseluruhan cerita (Hayati, Amalia, 2012).
Amanat adalah ajaran moral atau pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui karyanya. Sebagaimana tema, amanat dapat disampaikan secara implisit yaitu dengan cara memberikan ajaran moral atau pesan dalam tingkah laku atau peristiwa yang terjadi pada tokoh menjelang cerita berakhir, dan dapat pula disampaikan secara eksplisit yaitu dengan penyampaian seruan, saran, peringatan, nasehat, anjuran, atau larangan yang berhubungan dengan gagasan utama cerita (Roshyd, Abdul, 2009). 
e. Alur atau Pemplotan
Secara tradisional untuk menyebut plot, orang sering menggunakan istilah alur atau pengaluran atau juga sering disebut jalan cerita sedangkan teori- teori yang berkembang lebih kemudian dikenal dengan adanya istilah struktur naratif, susunan dan juga sujet. Berhubungan dengan hal tersebut Stanton (dalam Nugiyantoro, 1995:113) mengemukakan bahwa alur adalah sebuah cerita yang berisi urutan kejadian namun tiap kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab akibat, peristiwa yang satu dapat disebabkan atau menyebabkan peristiwa lain terjadi. Kenny (dalam Nugiyantoro, 1995:113) mengemukakan bahwa alur sebagai peristiwa- peristiwa yang ditampilkan dalam cerita yang tidak bersifat sederhana, karena pengarang menyusun peristiwa- peristiwa itu berdasarkan sebab- akibat. Senada dengan itu juga, jauh sebelumnya Foster (dalam Nugiyantoro, 1995:113) menyebutkan alur adalah peristiwa- peristiwa cerita yang mempunyai penekanan pada adanya hubungan kausalitas.
Pengertian alur yang dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa alur adalah penampilan peristiwa demi peristiwa yang hanya mendasarkan diri pada urutan waktu saja belum merupakan alur. Agar menjadi sebuah alur, peristiwa- peristiwa tersebut haruslah diolah dan disiasati secara kreatif sehingga hasil pengolahan dan penyisiatannya itu sendiri merupakan sesuatu yang indah dan menarik, khusus dalam kaitannya dengan karya fiksi yang bersangkutan secara keseluruhan. Ada 4 kaidah pengaluran yakni:

1) Plausibilitas
Suatu cerita dikatakan plausibilitas jika tokoh- tokoh cerita dan dunianya dapat diimaginasi dan jika para tokoh- tokoh mungkin saja dapat terjadi (Stanto dalam Nugiyantoro, 1995:131). Sebuah cerita yang tidak ditampilkan secara konsisten maka akan sulit diimaginasikan, namun sebaliknya antara tindakan dan tingkah laku sesuai dengan cara berpikir dan bersikap dan juga sesuai dengan kepribadian dan motivasinya maka akan mudah diimaginasi atau plausibel. Sebuah cerita yang plausibelitas jika memiliki kebenaran untuk dirinya sendiri yang sesuai dengan tuntutan cerita dan ia tidak meragukan yang memiliki kepastian pengalaman kehidupan. 
a) Suspense
Suspense adalah semacam perasaan kurang pasti terhadap peristiwa- peristiwa yang akan terjadi, khususnya yang menimpa tokoh yang diberi rasa simpati oleh pembaca (Abrams dalam Nugiyantoro, 1995:134). Adanya harapan yang belum pasti pada pembaca terhadap akhir sebuah cerita (Kenny dalam Nugiyantoro,1995:134). Unsur suspense antara lain bagaimana pun akan mendorong, menggelitik, dan memotivasi pembaca untuk setia mengikuti cerita, mencari jawaban rasa ingin tahu terhadap kelanjutan dan akhir cerita. Jika suspense mampu memotivasi, menarik, dan mengikat pembaca dan harus dijaga keberadaannnya terus menerus dalam sebuah cerita. Hal ini merupakan salah satu tugas pengarang yang mengembangkan konflik dan alur dalam cerita. 
b) Surprise
Alur sebuah cerita yang menarik juga mampu memberikan kejutan pada pembaca atau sebagai sesuatu yang bersifat mengejutkan. Alur sebuah karya sastra yang dikatakan memberikan kejutan jika sesuatu yang dikisahkan atau kejadian yang menyimpang atau bahkan bertentangan dengan harapan kita sebagai pembaca (Abrams dalam Nugiyantoro, 1995:140). Suatu yang bersifat bertentangan itu dapat menyangkut berbagai aspek pembangunan karya fiksi. Suatu yang diceritakan, peristiwa- peristiwa, penokohan, perwatakan, berpikir dan bereaksi para tokoh cerita, cara pengucapan, gaya bahasa dan sebagainya.
c) Kesatupaduan
Kesatupaduan atau keutuhan adalah bahwa berbagai unsure yang ditampilkan khususnya peristiwa- peristiwa fungsional, kaitan, acuan yang mengandung konflik, atau seluruh pengalaman hidup yang hendak dikomunikasikan memiliki satu keterkaitan dengan yang lain. Masalah kesatupaduan ini bukan merupakan satu hal yang sulit untuk dipenuhi dalam karya- karya cerita pendek. Alur dalam hal ini justru berfungsi untuk menghubungkan antara berbagai peristiwa dan konflik tersebut dalam suatu wadah, ikatan, kesatuan sehingga sehingga semuanya menjadi padu dan koheresif.
Didalam sebuah alur cerita tentu ada peristiwa, klimaks dan konflik. Peristiwa atau kejadian dalam cerita dapat dibedakan menjadi 3 yaitu: peristiwa fungsional merupakan peristiwa- peristiwa yang menentukan dan atau mempengaruhi perkembangan plot atau alur. Peristiwa fungsional merupakan keharusan dalam karya sastra fiksi karena kalau tidak maka aka nada kejanggalan dalam karya fiksi tersebut. Peristiwa kaitan adalah peristiwa- peristiwa yang berfungsi mengaitkan peristiwa- peristiwa penting dalam pengurutan penyajian cerita dan peristiwa kaitan ini kurang mempengaruhi perkembangan plot atau alur cerita dan jika peristiwa ini ditanggalkan maka kurang mempengaruhi pengembangn plot cerita. 
Lain halnya dengan peristiwa acuan yaitu peristiwa yang secara tidak langsung berpengaruh dan atau berhubungan dengan perkembangan plot melainkan mengacu pada unsure- unsure lain misalnya berhubungan dengan masalah perwatakan atau suasana yang melingkupi batin eorang tokoh. 
f. Sudut Pandang
Menurut Atmazaki (2005: 107) berpendapat bahwa “Sudut pandang atau pusat pengisahan merupakan tempat berada narrator dalak menceritakan kisahnya. Setiap kalimat di dalam karya sastra naratif merupakan perkataan yang diucapkan oleh seseorang”. Sedangkan pengertian sudut pandang yang dijelaskan oleh Muhardi dan Hassanuddin (1992:32-33)
Bahwa “Sudut pandang merupakan suatu cara bagi pembaca untuk mendapatkan informasi-informasi fiksi , … Teknik pengarang mengemukakan informasi dapat dibedakan menjadi teknik dia-an dan teknik aku-an. Teknik dia-an adalah pengarang menceritaskan tokoh-tokoh ceritanya dengan anggapan bahwa tokoh tersebut merupakan orang ketiga dalm teknik berkomunikasi. Teknik aku-an adalah pengarang menenpatkan dirinya sebagai orang pertama dalam berkomunikasi atau menjadikan dirinya sebagai atau seolah-olah tokoh utama cerita”.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam mengkaji unsur intrinsik cerpen, kita mengenal adanya dua posisi pencerita (narrator) didalam cerita tersebut. Yang pertama posisi narrator sebagai teknik aku-an dan kedua, posisi narrator sebagai teknik dia-an. Menggunakan teknik aku-an pengarang lebih banyak bercerita tentang diri pribadinya sendiri atau pengalamannya sendiri. Kata-kata yang lazim dijumpai dalam tulisan tersebut adalah “aku”. Berbeda dengan teknik dia-an, disini narrator tidak lagi bercerita tentang dirinya sendiri melainkan tentang orang lain. Penggolongan sudut pandang ada 3 yakni:
a. Sudut pandang persona ketiga yaitu “Dia”
Narrator adalah seseorang yang berada diluar cerita yang menampilkan tokoh- tokoh cerita dengan menyebut nama, atau kata gantinya. Nama- nama tokoh cerita khususnya yang utama terus- terusan disebut dan sebagai variasi digunakan kata ganti. Sudut pandang “Dia” dapat dibedakan kedalam dua golongan berdasarkan tingkat kebebasan dan keterikatan pengarang terhadap bahan ceritanya. Disatu pihak pengarang, narrator, dapat bebas menceritakan segala sesuatu yang berhubungan dengan tokoh “dia”, jadi bersifat mahatahu, di lain pihak ia terikat, mempunyai keterbatasan “pengertian” terhadap tokoh “dia” yang diceritakan itu, jadi bersifat terbatas, hanya selaku pengamat saja. 
b. Sudut pandang pesona pertama “Aku”
Si “Aku” merupakan sebuah nama yang menceritakan pengalaman pribadi namun nama itu jarang disebut. Penggunaan nama “ Aku’” dalam cerita hanya merupakan gaya, teknik. Jadi, ia tidak perlu dihubungkan dan dikaitkan serta diartikan sebagai aku-nya pengarang. Dalam sudut pandang “Aku”, narrator hanya bersifat mahatahu dirinya sendiri dan tidak terhadap orang- orang lain yang terdapat dalam cerita. Ia hanya berlaku sebagai pengamat saja terhadap tokoh lain yang bukan dirinya. Tokoh “Aku” dapat terbagi 2 yakni “Aku’ sebagai tokoh utama dan juga “Aku’ sebagai tokoh tambahan. 


g. Penganalisisan dalam novel
a. Analisis tokoh/ penokohan 
1. Dam
Dam adalah tokoh utama atau tokoh sentral yang diceritakan dalam novel “Ayahku (Bukan) Pembohong” karya Tere-Liye, hampir setiap hal yang diceritakan dalam novel ini selalu berhubungan erat dengat Dam. Dam merupakan seorang anak yang terlahir dari sebuah keluarga yang sederhana yang tumbuh dengan dongeng-dongeng tentang perjalanan hidup sang ayah yang menarik. Dam adalah tipe orang yang pantang menyerah, dan sangat menghargai setiap detik kehidupannya dan ia juga merupakan anak tunggal yang sangat mencintai ibunya . Dam kini berusia 40 tahun dan telah memiliki keluarga kecilnya sendiri dengan seorang istri dan dua anak yang sangat dicintai.
Dan mempunyai sifat yang pantang menyerah gigih dan mempunyai semangat yang tinggi. Selain mempunyai sifat yang baik Dam sebagai tokoh utama juga mempunyai sikap yang kasar. Hal ini dapat dibuktikan dalam kutipan novel di bawah ini :
“tiba-tiba aku menutup laptop dengan kasar. Suara berkeletak membuat istriky menoleh, menghentikan tawa ayah, Zas dan Qon. Menahan rasa jengkel, aku akhirnya memilih meninggalkan ruang keluarga kami.
Dam adalah seorang anak yang mau bertanggung jawab atas kesalahanya. Di usianya yang masih dini ia sudah mampu memperlihatkan sikap tanggung jawabnya atas kesalahan yang telah di buatnya. Hal ini bias kita lihat dari isi surat Dam terhadap ayahnya ketika ia merasa menyinggung perasaan ayahnya.
Dear Ayah Bagiku, sehebat apapun sang Kapten, maka ayah lebih hebat. Izinkanlah aku menulis surat untuk ayah, dan semoga ayah suka membacanya.
Ayah dulu pernah bilang padaku, “Jangan-jangan kau akan menjadi orang yang paling sedih sedunia jika malaini tim sang Kapten kalah.” Ayah keliru. Malam imi, saat sendirian di kamar, saat menyadari bahwa ayah telah kurepotkan sebulan terakhir dengan permintaan itu, Ayah bahkan berteriak marah untuk pertama kalinya di rumah kita, aku jauh lebih sedih dibandingkan melihat tim sang Kapten kalah. Boleh jadi aku menjadi anak yang paling tidak berterima kasih di seluruh dunia.
Maafkan aku. Ayah benar, surat itu tidak penting. Sang Kapten tidak akan pernah punya waktu untuk membaca surat dariku. Taani di sekolah bilang, yang baru kusadari malam ini, pasilah ada ribuan surat yang tiba di kotak surat sang kapten, jadi bagaimana mungkin suratku akan mencolok perhatian dan mendapatkan balasan. Jangan-jangan hanya puluhan stafnya yang membalas, bukan dia sendiri. Ayah benar, Taani benar, jadi aku memutuskan mulai malam ini tidak akan membicarakan surat-surat itu lagi.
Sekali lagi maafkan aku.

Dari penggemar terbesar Ayah sepanjang masa,


Dam.


2. Ayah 
Ayah Dam adalah seorang pria yang sangat terkenal di kotanya, terkenal tak pernah mengatakan kebohongan. Ayah Dam selalu berprasangka baik ke semua orang, berbuat baik bahkan pada orang yang baru saja dikenal, menghargai orang lain, kehidupan dan alam. Karena itulah dia selalu dihargai oleh semua orang. pantang menyerah (ayah selalu dipenuhi dengan kata positive dan optimisme)  ayah Dam mempunyai sifat yang penyayang ("jadilah anak yang baik, penurut. kau jangan bikin masalah disekolah") kreatif (sejak kecil bahkan sebelum aku bisa berbicara, ayah sudah suka bercerita) perasa ("kau menyakiti ayah dengan berkata seperti itu")
 Ayah Dam merupakan seorang ayah yang pintar mendidik anak, ia mampu menjadika seorang Dam kecil menjadi seorang yang mempunyai sikap peka terhadap hal sekitarnya. Bukti bahwa Dam mempunyai sikap yang peka terhadap keadaan sekitarnya dapat kita lihat dari kata-kata ibu Dam yang terdapat dalam kutipan novel, yaitu :
“Ibu Dam meletakkan surat itu di atas meja, sesunggukan, menyentuh jemari suaminya, menatapnya dengan sejuta tatapan cinta. “ Kau telah mendidiknya menjadi anak yang berbeda sekali…Sungguh dia akan tumbuh besar dengan pemahaman yang baik, hati dan kepala yang baik, meski itu terlihat aneh dan berbeda dibandingkan jutaan orang lain.”


3. ibu :
ibu Dam adalah seorang Ibu Rumah tangga yang sangat bertanggung jawab terhadap keluarganya. Ia sangat menyayangi suami dan anaknya. Ibu Dam sangat memperhatikan Dam. Hal ini dapat dibuktikan dalam kutipan novel dibawah ini :
bergegas Dam. Kau sudah terlambat! Sambil mengomel, ibu memasukkan celana dan kaca mata renang ke dalam kantong plastic, mencari sepatu, sekaligus meneriakiku, yang masih berkutat memasang seragam sekolah.
Aku tidak menjawab, bergegas memasukkan kancing terakhir, menyambar topi dasi, mengambil tas dari ibu, memakai sepatu seadanya tampa kaus kaki (bias ku pakai lengkap kalau sudah sampai di sekolah), mengelaurakan sepeda, lantas berteriak pamit.
Kau belum menyisir rambut Dam ! ibu berteriak
selalu bahagia ("definisi kebahagiaan ibu kau berbeda, dam. keluarga kita amat berbahagia")
tidak ingin terlihat sedih ("ibu sudah membaik, dam. percayalah")
4. Jarjit 
jarjit adalah seorang anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar yang sama dengan Dam. Ia merupakan tokoh antagonis di dalam novel ini. Sifat nya yang sombong dan suka meremehkan orang lain membuat ia sering bertengkar dengan Dam.  Hal ini dapat dilihat pada kutipan novel di bawah ini :
“kau semalaman menontin tidak, pengecut?” Jarjit menoleh kepadaku. “ tau jangan-jangan di rumah kau tidak ada televisi?” kerumunan itu tertawa.
Aku hendak membalas kalimat Jarjit, tetapi Taani sudah menarik tanganku, mengajak menjauh.
“sang kapten memang jago sekali menyundul bola. Dua gol dari sundulan. Dia memang tinggi, aku sampaii harus mendongak saat minta tanda tangan nya dulu. Yah, tanda tangan di bola itu, yang kuminta langsung darinya, tau kan ? suara jarjit terdengar di langit-langit kelas.
Jarjit merupakan musuh Dam ketika duduk di bangku sekolah dasar. Jarjit sangat membenci Dan karena ia suka disbanding-bandingkan oleh orang tuanya dengan Dam. Seperti tampak pada kutipan novel :
5. Tani
Tani adalah sahabat terbaik Dam ketika duduk di bangku Sekolah Dasar. Ia merupakan gadis yang cantik. Taani merupakan anak pelatih Klub renang terkemukan di kota tempat tinggal Dam, dan ayah Tanii pun juga merupkan pelatih renang Dam. Taani adalah gadis yang baik, serta perhatian terhadap Dam. Hal ini dapat dibktikan dengan kutipan novel yaitu:
“ kaki kau pegal Dam ? taani satu-satunya anak perempuan di kelas yang memanggi namaku. Mendekati mejaku saat istirahat berbunyi. 
Selin sifatnya yang perhatian terhadap Dam Taani juga  mempunyaio sifat yang menghargai orang tua. Hal ini dapat dilihat pada kutipan novel :
“Tidak bisakah kau bicara baik-baik, Dam?” Taani melotot. “Mari kita mulai pembicaraan dengan menyingkirkan lebih dulu cerita itu bohong atau tidak. Ada ratusan dogeng ayah yang tidak mengungkit-ungkit apakah dia terlibat dalam cerita. Toki si Kelinci Nakal misalnya. Itu dogeng yang baik. Zas dan Qon senang medengarnya.”
“Zas dan Qon sudah?Meraka sudah  mendengarnya ?”
“Saat mereka mengunjungi ayah seminggu lalu. Saat pulang, Qon bahkan memegang tanganku. Dengan mata bekerjap-kerjap, Qon berkata,’Qon sayang Mama. Qon tidak akan nakal lagi seperti Toki si Kelinci.’” Jelas Taani dengan mata berkaca-kaca.
6. Zas dan Qon
Zas dan Qon adalah dua anak Dam dari hasil prnikahannya dengan Taani yang berusia 10 dan 8 tahun. Zas adalah seorang kakak yang selalu membimbing dan menjaga adik perempuannya Qon. Mereka berdua sangat kompak bahkan dalam kegiatan baru mereka sekarang yaitu mendengar cerita-cerita sang kakek – Ayah Dam.
Zas dan Qon merupakan anak kecil yang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Keingintahuannya terhadap segala sesuatu yang diceritakan oleh kakeknya terkadang membuat ayahnya Dam menjadi marah atas kelakuan mereka. Hal ini dapat dibuktikan dengan kutipan novel pada halaman 6 :
“rahasia apa?” Zas dan Qon tertarik. Tidak ada anak-anak yang tidak tertarik dengan rahasia. 
“Tetapi jangan bilang kepada siapa-siapa.”
Selain mempunyai sikap rasa ingin tahu yang tinggi terhadap cerita kakeknya tentang apel emas di lembah Bukhara, si Raja tidul dan dongeng-dongeng lainnya, ternyata Zas dan Qon juga mewarisi sikap Dam semasa kecilnya. Sikap Dam yang mau bertanggung jawab atas kesalahannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan surat yang dikirim Zas dan Qon kepada Dam :
Dear Papa,
Tiga hari ini kami dihukum di sekolah, disuruh menulis “Kami janji tidak akan bolos sekolah lagi” sebanyak sepuluh lembar penuh kertas folio dengan huruf kecil-kecil setiap hari. Tangan Zas seperti kebas, pegal, gemas, padahal baru di halaman delapan. Qon bahkan menangis, meski jumlah halamannya separuh dari Zas. Dia belum pandai menulis, dan ibu guru galak menyuruhnya mengulang jika tulisannya tidak rapi.
Tetapi hukuman di sekolah tidak ada apa-apanya dibandingkan hukuman yang Papa berikan. Jangan cuekin kami lagi ya, Pa. Tidak mengapa Zas dan Qon disuruh masuk kamar, dilarang main selama seminggu, disuruh mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah, tapi jangan cuekin kami lagi. Qon semalam bahkan bertanya, apakah Papa membencinya? Apakah Qon harus pergi dari rumah? Zas bingung menjawabnya. Lagi pula kalau Qon harus pergi, belum tentu juga ada keluarga yang mau ditumpangi ya, Pa. Dia kan paling malas bangun pagi, makan paling banyak, dan paling berisik dalam rumah. Jadi karena Zas tidak bisa menjawabnya, dan Qon terus menangis  di kamar, Zas akhirnya memutuskan menulis surat saja ke Papa.
Ini semua salah Zas. Seharusnya Zas mendengarkan kalimat Papa, tidak penting cerita Kakek itu bohong atau sungguhan. Papa benar, anggap saja seperti menonton film yang seru. Sungguh maafkan Zas. Tidak mengapa Papa marah pasa Zas, tapi Papa tidak boleh marah pada Qon, juga tidak boleh marah pada Kakek, tidak boleh marah pada Mama, semuanya salah Zas. Itu ide Zas pergi ke perpustakaan kota. Kami tidak akan bolos lagi, Pa. Janji. 

Zas dan Qon, penggemar Papa nomor satu.



b. Analisis Latar
Latar merupakan tempat peristiwa yang diceritakan oleh penulis terjadi. Latar terbagi atas: latar tempat, latar waktu, dan latar sosial. Banyak sekali latar tempat terjadinya peristiwa dalam novel ini antara lain yaitu latar tempat di ruang keluarga seperi yang terdapat dalam kutipan novel :
Dam kini tengah berada di ruang kerjanya. Ia sedang memperhatikan kedua anaknya Zas dan Qon yang tengah sibuk mendengar cerita-cerita ayahnya yang menurut Dam tidak dapat dipercaya, walau dulu ia sangat mencintai cerita-cerita ayahnya tersebut, tapi itu tidak berlaku lagi untuk sekarang. Dam berhenti mempercayai cerita-cerita ayahnya tersebut ketika umurnya dua puluh tahun. Dan kini, ia melihat ayahnya tengah bercerita cerita yang sama  kepada Zas dan Qon. Dam sangat membenci hal tersebut, ingin sekali ia menyela dan menghentikan cerita tersebut, tapi itu tidak dilakukan karena istrinya sudah memberikan kode untuk tidak mengusik kesenangan Zas dan Qon yang tengah bercerita dengan kakek mereka. Dam hanya tidak mau anak-anaknya hidup dalam cerita-cerita sang ayah, dia tidak mau membesarkan Zas dan Qon dengan cerita-cerita dusta seperti yang dilakukan sang ayah terhadapnya dulu. Mereka akan dibesarkan dengan kerja keras, bukan dengan cerita-cerita palsu”
Selanjutnya latar waktu yang terdapat dalam kutipan novel yaitu :
Malam ini Dam begitu tercengang mendengar cerita ayah yang menceritakan tentang Si Nomor Sepuluh, yaitu seorang pemain bola terkenal kepada putra-putrinya. Bahkan ayah bercerita bahwa dua hari yang lalu ayah mendapat telepon dari Si Nomor Sepuluh. Zas dan Qon seakan tak percaya bahwa pemain bola favorit mereka menelepon sang kakek, namun dengan keahlian ayah berdongeng, ia dapat meyakinkan dua bocah kecil tersebut bahwa sang kakek benar-benar berbincang dengan sang pemain bola. Dan menceritakan dua monster kecil di rumah.
 Malam itu, hingga dua tahun ke depan, kisah tentang sang Kapten menyingkirkan cerita-cerita lain. Dam tidak tahu apakah cerita-cerita ayah bohong atau benar. Yang jelas Dam tidak boleh menceritakan cerita-cerita tersebut pada siapa pun termasuk ke ibunya. Dam begitu heran kenapa ayah tidak mengizinkan Dam menceritakan hal tersebut. Dalam hati kecilnya, Dam selalu bertanya, apakah ayah berbohong ?, tapi semua itu ditepisnya karena Dam percaya bahwa ayahnya orang yang jujur dan ayahnya bukan pembohong.
Keesokan harinya, Dam pergi ke sekolah dengan sepedanya. Dam telat setengan jam dan guru menghukumnya dengan berdiri di pojok kelas. Seperti biasa, Jarjit dan teman-temannya tertawa dan mengolok-olok Dam. Namun Dam tak menghiraukannya, karena hati Dam punya energy bahagia tak terbilang pagi itu. Taani adalah satu-satunya teman yang tak mengejek Dam. Taani begitu baik, cantik dan sempurna di mata Dam
Latar sosial yang dapat ditangkap dari novel “ayahku (bukan) pembohong karya Tere-Liye adalah kesederhanaan yang terdapat dalam keluarga kecil itu atau keluarganya Dam. Hal ini tercermin dari pola kehidupan keluarga Dam yang sederhana. Hal ini dapat kita lihat dari kutipan novel :
Pulang dari sekolah, Dam dijemputnya ayahnya dengan angkutan umum dan langsung menuju ke klub renang kota tersebut. Hari ini adalah hari penentuan apakah Dam layak untuk menjadi salah satu anggota klub renang atau tidak.
  Dam terlahir dari keluarga sederhana yang dikenal oleh orang-orang sebagai keluarga yang baik. Ayahnya adalah seorang pegawai yang dikenal akan kejujurannya. Selain itu sikap-sikap teladan lainya banyak dimiliki oleh keluarga kecil Dam. Bahkan ketika ibu Dam meninggal dunia, banyak orang yang berdatangan untuk melihat proses pemakaman jenazah ibu Da. Hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa keluarga kecil itu mempunyai interaksi serta hubungan sosial yang bail. Seperti yang terdapat pada kutipan novel :
Saat itu Dam berdiri dengan seluruh kesedihan di hatinya. Tanah pekuburan lengang, para pelayat sudah pulang, termasuk keluarga besar Jarjit, walikota, pelatih, kepala sekolah SMP Dam dulu, bos loper koran, kerabat, tetangga dan kenalan yang sebagian besar tidak dikenali Dam. Satu persatu mereka membentuk antrean panjang menyalami Dam dan ayahnya.  “Belum pernah ada pemakaman seramai ini.” bisik salah satu pelayat “Kau benar, sepertinya seluruh kota berkumpul.” Rekannya mengangguk
c. Analisis Tema
Tema atau masalah kehidupan yang diangkat dari novel ini adalah masalah anak yang dibesarkan dengan dongeng kesederhanaan hidup. Kesedrehanaan yang yang diinginkan oleh seorang ayah dengan cara menceritakan dongeng-dongeng yang penuh dengan imajinasi yang tinggi membuat anaknya membenci ayahnya sendiri dan pada akhirnya setelah anaknya mengetahui bahwa dongeng-dongeng yang diceritakan ayahnya itu benar anaknya menjadi menyesal di saat ayahnya telah meninggal dunia.


d. Analisis Alur
Alur yang dii pakai dalam novel “Ayahku (bukan) Pembohong” karya Tere-Liye ini adalah alur campuran karena dalam novel ini penulis menceritakan tentang kehidupan Dam setelah ia menikah dengan Taani dan dikaruniai 2 orang anak yaitu Zas dan Qon serta ia penulis juga menceritakan tentang kehidupan masa anak-anak Dam bersama ibu dan ayahnya. Hal ini dapat dilihat pada kutipan novel yaitu :
“tiga puluh tahun lalu.
“kau sudah mengantuk Dam? Ayah tertawa menatapku. Aku mengeleng kuat-kuat. Tidak, aku pasti bias bertahan menunggu siaran langsung ini…..
“Mendengar cerita sang ayah, Dam kembali teringat masa kecilnya dulu, jauh sebelum dia membenci ayahnya dan menganggap cerita-cerita ayah adalah bohong.       
Tiga puluh tahun yang lalu.
Saat itu Dam berusia 10 tahun, Dam mempunyai bentuk tubuh yang lumayan tinggi, kulitnya hitam kecoklatan dan rambut keriting yang membuat Dam selalu menjadi bahan olokan teman-temannya di sekolah, dan Dam membenci nama panggilan tersebut. Namun, Jarjit teman sekelasnya sangat suka melakukan hal tersebut karena itu bisa membuat Dam marah”.
e. Analisis Sudut Pandang
Sudut pandang yang digunakan dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong ini adalah orang pertama pelaku utama. 

h. PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA
a. KAJIAN TEORI                                        
Sosiologi sastra adalah suatu pendekatan yang digunakan untuk mengkaji karya sastra yang cara kerja melibatkan aspek-aspek kemasyarakat. Baik itu ideologi, latar belakang, ekonomi dan sosial itu sendiri. Sosiologi sastra juga merupakan pendekatan yang menitik beratkan pada pengarang. Sastra sendiri pada dasarnya berperan sebagai pencerita tentang kehidupan umat manusia dan berkembang dari waktu ke waktu. Melalui sastra seseorang juga dapat mengungkapkan permasalahan yang terjadi pada dirinya sendiri maupun pada orang lain maupun terhadap suatu bangsa.
Sosiologi sastra menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1989: 855). Sosiologi sastra merupakan pengetahuan tentang sifat dan perkembangan dari atau mengenai sastra karya para kritikus dan sejarawanyang terutama mengungkapkan pengarang yang dipengaruhi oleh status lapisan masyarakat tempat ia berasal, idelogi politik dan sosialnya, kondisi ekonomi serta khalayak yang dituju. 
Sosiologi sastra sebagai suatu jenis pendekatan terhadap sastra memiliki paradigma dengan asumsi dan implikasi epistemologis yang berbeda daripada yang telah digariskan oleh teori sastra berdasarkan prinsip otonomi sastra. Penelitian-penelitian sosiologi sastra menghasilkan pandangan bahwa karya sastra adalah ekspresi dan bagian dari masyarakat, dan dengan demikian memiliki keterkaitan resiprokal dengan jaringan-jaringan sistem dan nilai dalam masyarakat tersebut (Soemanto, 1993; Levin, 1973:56).
Abrams (1981 :178) juga mengungkapkan bahwa sosiologi sastra dikenakan pada tulisan-tulisan para kritikus dan ahli sejarah sastra yang utamanya ditujukan pada cara-cara seseorang pengarang dipengaruhi oleh status kelasnya, ideologi masyarakat, keadaan-keadaan ekonomi yang berhubungan dengan pekerjaannya, dan jenis pembaca yang dituju.
Istilah "sosiologi sastra" dalam ilmu sastra dimaksudkan untuk menyebut para kritikus dan ahli sejarah sastra yang terutama memperhatikan hubungan antara pengarang dengan kelas sosialnya, status sosial dan ideologinya, kondisi ekonomi dalam profesinya, dan model pembaca yang ditujunya. Mereka memandang bahwa karya sastra (baik aspek isi maupun bentuknya) secara mudak terkondisi oleh lingkungan dan kekuatan sosial suatu periode tertentu (Abrams, 1981:178).
A. Teori Sosiologi Sastra
Sosiologi sastra berasal dari kata sosiologi dan sastra. Sastra merupakan pencerminan masyarakat. Melalui karya sastra, seorang pengarang mengungkapkan problema kehidupan. Karya sastra menerima pengaruh dari masyarakat dan sekaligus mampu memberi pengaruh terhadap masyarakat. Sosiologi dapat diartikan sebagai ilmu  atau pengetahuan yang sistematis tentang kehidupan berkelompok manusia dalam hubungannya dengan manusia-manusia lainnya yang secara umum disebut masyarakat.
Sosiologi sastra merupakan pendekatan yang bertitik tolak dengan orientasi kepada pengarang. Abrams via internet (1981 :178) mengatakan sosiologi sastra dikenakan pada tulisan-tulisan para kritikus dan ahli sejarah sastra yang  utamanya ditujukan pada cara-cara seseorang pengarang dipengaruhi oleh status kelasnya, ideologi masyarakat, keadaan-keadaan ekonomi yang berhubungan dengan pekerjaannya, dan jenis pembaca yang dituju. Kesemuanya itu terangkum dalam aspek yang membangun sebuah cipta sastra, salah satu aspek yang membangun keutuhan sebuah cerita adalah menyangkut perwatakan tokoh-tokohnya. Ciri-ciri perwatakan seorang tokoh selalu berkaitan dengan pengarang dan lingkungan di mana ia hidup. Demikian juga menyangkut tipe orang atau tokohnya. Biasanya dalam setiap cerita selalu terdapat beberapa tokoh, dalam hal inilah pengetahuan sosiologi berperan  mengungkapkan isi sebuah karya sastra.
Konsep sosiologi sastra didasarkan pada dalil bahwa karya sastra ditulis oleh seorang pengarang, dan pengarang merupakan a salient being, makhluk yang mengalami sensasi-sensasi dalam kehidupan empirik masyarakatnya. Dengan demikian, sastra juga dibentuk oleh masyarakatnya, sastra berada dalam jaringan sistem dan nilai dalam masyarakatnya. Dari kesadaran ini muncul pemahaman bahwa sastra memiliki keterkaitan timbal-balik dalam derajat tertentu dengan masyarakatnya; dan sosiologi sastra berupaya meneliti pertautan antara sastra dengan kenyataan masyarakat dalam berbagai dimensinya.
Sosiologi sastra berkembang dengan pesat sejak penelitian-penelitian dengan memanfaatkan  teori strukturalisme dianggap mengalami kemunduran, stagnasi, bahkan dianggap sebagai involusi. Analisis strukturalisme dianggap mengabaikan relevansi masyarakat yang merupakan asal-usulnya. Rahmat Djoko Pradopo (1993:34) menyatakan bahwa tujuan studi sosiologis dalam kesusastraan adalah untuk mendapatkan gambaran utuh mengenai hubungan antara pengarang, karya sastra, dan masyarakat. Ratna via Sutri (2006: 332-333) mengemukakan bahwa sastra memiliki kaitan erat dengan masyarakat sebagai berikut:
1. Karya sastra ditulis oleh  pengarang, diceritakan oleh tukang cerita,  disalin oleh penyalin, sedangkan ketiga subjek tersebut adalah anggota masyarakat.
2. Karya sastra hidup dalam masyarakat, menyerap aspek-aspek kehidupan yang terjadi dalam masyarakat, yang pada gilirannya juga difungsikan oleh masyarakat.
3. Medium karya sastra, baik lisan maupun tulisan, dipinjam melalui kompetansi masyarakat, yang dengan sendirinya telah mengandung masalah-masalah kemasyarakatan.
4. Berbeda dengan ilmu pengetahuan, agama, adat-istiadat, dan tradisi yang lain, dalam karya sastra terkandung estetika, etik, bahkan logika. Masyarakat jelas sangat berkepentingan terhadap ketiga aspek tersebut.
5. Sama dengan masyarakat, karya sastra dalah hakikat intersubjektivitas, masyarakat menemukan citra dirinya dalam suatu karya.
Sosiologi Sastra tidak hanya membicarakan karya sastra itu sendiri melainkan hubungan masyarakat dan lingkungannya serta kebudayaan yang menghasilkannya. Atmazaki via Sutri (1990: 7) menyatakan bahwa pendekatan Sosiologi Sastra mempunyai tiga unsur di dalamnya. Unsur-unsur tersebut antara lain sebagai berikut:
1. Konteks sosial pengarang
Faktor-faktor yang mempengaruhi pengarang dalam menciptakan karya sastra. Faktor-faktor tersebut antara lain mata pencaharian, profesi kepegawaian, dan masyarakat lingkungan pengarang.
2. Sastra sebagai cerminan masyarakat
karya sastra mengungkapkan gejala sosial masyarakat dimana karya itu tercipta dalam sastra akan terkandung nilai moral, politik, pendidikan, dan agama dalam sebuah masyarakat.
3. Fungsi sastra
Fungsi sastra dalam hal ini adalah nilai seni dengan masyarakat, apakah di antara unsur tersebut ada keterkaitan atau saling berpengaruh.
B. Sosiologi sebagai Pendekatan Sastra
Pendekatan sosiologi sastra yang paling banyak dilakukan saat ini menaruh perhatian yang besar terhadap aspek dokumenter sastra dan landasannya adalah gagasan bahwa sastra merupakan cermin zamannya. Dalam hal itu tugas sosiologi sastra adalah menghubungkan pengalaman tokoh-tokoh khayal dan situasi ciptaan pengarang itu dengan keadaan sejarah yang merupakan asal usulnya.
Pedekatan yang dilakukan terhadap karya  sastra pada dasarnya ada dua, yaitu pendekatan intrinsik dan pendekatan ekstrinsik. Unsur-unsur merupakan unsur-unsur dalam yang diangkat dari isi karya sastra, seperti tema, alur atau plot, perwatakan, gaya bahasa dan penokohan. Sedangkan unsur-unsur ekstrinsik berupa pengaruh dari luar yang terdapat dalam karya sastra itu diantaranya sosiologi, politik, filsafat, antropologi dan lain-lain. Ilmu-ilmu ini merupakan pendukung dalam pengembangan karya sastra, dengan demikian ilmu-ilmu tersebut erat hubungannya dengan karya sastra. Analisis aspek ekstrinsik karya sastra ialah analisis karya sastra itu sendiri dari segi isinya, dan sepanjang mungkin melihat kaitannya dengan kenyataan-kenyataan dari luar karya sastra itu sendiri.
Pendekatan sosiologis atau pendekatan ekstrinsik biasanya mempermasalahkan sesuatu diseputar sastra dan masyarakat bersifat sempit dan eksternal. Yang dipersoalkan biasanya mengenai hubungan sastra dan situasi sosial tertentu, sistem ekonomi, sosial, adat istiadat, dan politik. Dapat dipahami bahwa bilamana seseorang  ingin mengetahui keadaan sosiologis dari suatu masa karya tertentu ditulis, kita memang belum tentu dapat mengenal tata kemasyarakatan yang ada pada waktu itu, tetapi setidak-tidaknya kita dapat mengenal tema mana yang kira-kira dominan pada waktu itu melalui pendekatan sosiologis.
Suatu hal yang perlu dipahami dalam melakukan pendekatan sosiologi ini adalah bahwa walaupun seorang pengarang melukiskan kondisi sosial yang berada di lingkungannya, namun ia belum tentu menyuarakan keinginan masyarakatnya. Dari arti ia tidaklah mewakili  atau menyalurkan keinginan-keinginan kelompok masyarakat tertentu, yang pasti pengarang menyalurkan atau mewakili hati nuraninya sendiri, dan bila ia kebetulan mengucapkan sesuatu yang bergejolak dimasyarakat, hal ini merupakan suatu kebetulan ketajaman batinnya dapat menangkap isyarat-isyarat tersebut.  Dari berbagai pandangan di atas dapat disimpulkan bahwa analisis sosiologi sastra bertujuan untuk memaparkan dengan cermat fungsi dan keterkaitan antarunsur yang membangun sebuah karya sastra dari aspek kemasyarakatan pengarang, pembaca, dan gejala sosial yang ada.
C. Metode Analisis
Metode penelitian adalah cara kerja untuk memahami objek yang menjadi sasaran penelitian. Langkah-langkah dalam menganalisis menggunakan metode sosiologi sastra pertama yaitu menganalisis unsur intrinsiknya. Analisis karya sastra dengan pendekatan apapun tidak boleh melupakan analisis unsure intrinsiknya. Setelah dijabarkan unsure-unsur intrinsiknya, dikaitkan permasalahan dengan menggunakan teori sosiologi, misalnya hubungan antar individu, perubahan social dan kondisi masyarakat social.












BAB 3
PENUTUP
1. Kesimpulan
Sastra merupakan pencerminan masyarakat. Melalui karya sastra, seorang pengarang mengungkapkan problema kehidupan yang pengarang sendiri ikut berada di dalamnya. Karya sastra menerima pengaruh dari masyarakat dan sekaligus mampu memberi pengaruh terhadap masyarakat
Novel ini sangat layak untuk dibaca oleh semua orang, baik dalam kalangan penikmat novel atau bukan. Karena di dalam novel ini memaparkan bagaimana seharusnya kita menuntut ilmu, bersikap baik kepada kedua orang tua dan kepada semua orang yang kita kenal maupun tidak kita kenal serta menghargai semua orang. 


2. Saran 
Setelah menganalisis sebuah novel terbitan terbaru dalam tugas ini. Dari kesimpulan di atas dapat dikemukakan beberapa saran yaitu untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam menganalisis sebuah novel baik dari unsure intrinstiknya, pendekatan yang digunakan dalam analisis novel, dan juga interpretasinya dalam kehidupan.  



DAFTAR PUSTAKA

Luxemburg, Jan Van, Mieke Bal, dan Willem G. Weststeijn. 1992 (1984). Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia ( Terjemahan Dick Hartoko).
Nurgyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada  University Press.
Situmorang, T Sandy. 2013. Tiga Cinta ( Love is more than just a game fot two). Yogyakarta: Media Pressindo. 
Tarigan, Henry Guntur. 1983. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar